Psikologi pendidikan- Tes dan Evaluasi
Tes
dan Evaluasi
Tes
dan evaluasi itu sendiri banyak dilakukan oleh para peneliti, guru ataupun
orang-orang yang ingin mengetahui kemampuannya atau kemampuan orang-orang
disekitarnya. Pada topic bahasan kali ini juga akan dibahas tentang apa itu Tes
Standar. Selanjutnya, adapun pengertian dari Tes dan Evaluasi itu sendiri
yaitu:
-Tes:
percobaan yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan, bakat atau kepribadian
dengan cara pemberian tugas pada seseorang.
-Evaluasi:
merupakan proses penggambaran, atau pegukuran hasil penilaian yang berupa angka
dan informasi tersebuat akan disajikan yang berutujuan untuk merumuskan suatu alternative
keputusan.
Tes
yang saat ini banyak dibakukan untuk mengevaluasi prestasi dan pembelajaran
siswa adalah tes yang dibakukan atau tes standar. Tes standar dapat
membandingkan kemampuan murid yang satu denganmurid yang lain pada usia atau
level yang sama, dan dalam banyak kasus perbandingan ini juga dilakukan di
tingkat nasional.
Lalu
apa yang menjadi perbedaan tes standar itu sendiri dengan tes-tes yang biasa
guru berikan disekolah? Nah kalau tes yang diberikan guru itu hanya untuk
mengetahui kemampuan muridnya pada satu kelas tertentu saja, sedangkan tes
standar merupakan tes yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan seluruh murid
dari seluruh kelas (Aorsian,2001; Chatterji, 2003). Perbedaan lain iyalah tes standar lebih memiliki banyak aturan dalm
pengujiannya dibandingan tes yang diberikan oleh guru.
Tujuan Tes Standar
Tes standar biasanya
bertujuan untuk:
ü Memberikan informasi tentang kemajuan
murid. Tes standar dapat berutujuan untuk menguju seberapa
jauh pemahaman dari murid tersebut. Tanpa tes makan guru pengajar tersebut akan
kesulitan untuk mengetahui seberapa baikkah kemampuan murid dibandingkan dengan
murid-murid dari sekolah yang lain.
ü Mendiagnosis kekuatan dan kelemahan
murid. Tes standar juga dapat memberikan informasi tentang
pada pelajaran yang mana seorang murid merasa kurang mampu mengikuti atau
memahaminya.
ü Memberikan bukti untuk penempatan murid
dalam program khusus. Tes Standar digunakan juga saat
pihak sekolah akan memutuskan apakah murid yang bersangkutan dapat diizikan
masuk ke program spesifik atau tidak.
ü Memberi informasi untuk mrencanakan
dan meningkatkan pengajaran atau intruksi. Tes standar juga
membantu guru atau staf pengajar lainnnya dalam mengukur seberapa efektifkah
pengajaran yang telah diberikan yang kemudian akan berguna untuk memodifikasi
tata pembelajaran yang dianggap masih kurang efektif.
ü Membantu administrator mengevaluasi
program. Jika suatu sekolah hendak beralih keprogram
pendidikan yang baru, administrasi sekolah harus tahu seberapa efektifkah
program baru tersebutyang dilakukan dengan cara memberikan tes standar yang
relevan kepada murid.
ü Memberikan akuntabilitas. Tes
standar kini banyak digunakan untuk menentukan seberapa efektifkah sekolah
dalam mengelola atau menghabiskan dana dalam proses belajar. Maka disini
diharapkan tanggung jawab dari pihak sekolah dan guru atas pengajaran muridnya.
Tes Kecakapan dan Prestasi
Ada
dua tipe utama dari tes standar itu sendiri, yaitu:
·
Tes kecakapan (aptitude test)
Berguna
untuk memprediksi kemampuan murid untuk memperlajari suatu keahlian atau
menguasai sesuatu dengan pendidikan dan training
tingkat lanjut. Misalnya dilakukan tes bahasa inggris dalam bentuk lisan dan tulisan utnuk memprediksi apakah murid
tersebut mampu atau akan sukses pada bidang tesebut kelak, contonya pemandu
touris, penerjemah, dan sebagainya.
·
Tes prestasi (achievement)
Dimaksudkan
untuk mengukur apa yang telah dipelajari atau keahlian apa yang telah murid
mampu kuasai (Andrews, Saklofske & Janzen, 2001; Haladyna, 2002; Smith,
2001).Sekian dari saya, semoga bermanfaat😉😊
0 komentar:
Posting Komentar